Minggu, 26 Juli 2020

5 Kuliner Khas Kota Sibolga Sumatera Utara Unik Dan Nikmat

Kota Sibolga menjadi salah satu kota tujuan wisata di Sumatera Utara. Dengan luas wilayah yang gak cukup besar dengan 10.77 km persegi, wilayah Sibolga dikelilingi laut. Salah satu yang menarik dari Sibolga adalah kulinernya. Terutama olahan ikan. Nah, jika kamu tertarik berkunjung ke Sibolga, berikut ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin mencicipi kulinernya. Apa saja? Yuk, kita intip!

1. Ikan Panggang Paccak

Ikan Panggang Paccak menjadi makanan khas Sibolga yang menjadi favorit dan sudah banyak dikenal masyarakat luas terutama di Sumatera Utara. Sajian ikan panggang ini disebut paccak yang berarti tepuk, di mana prosesnya ditepuk-tepuk saat proses pemanganggan, dengan batang serai. Serta bumbu racikan untuk ikan panggang ini diberi saat proses penepukan yang membuatnya berbeda dari ikan bakar pada umumnya.

Sementara rasa makanan ini tentunya berbeda dibandingkan dengan ikan bakar pada umumnya, yang mana karena ditepuk dengan serai membuat adanya sensasi wangi dari serai. Selain itu bumbu yang ditaburkan pada tubuh ikan juga sangat banyak sehingga rasanya begitu kuat dan nikmat pastinya.

2. Mie Gomak

Tak kalah ketinggalan ada pula olahan Mie Gomak yang khas dari Sibolga dan Tapanuli Tengah. Menariknya proses pembuatan mie ini menggunakan peralatan tungku tradisional untuk menjaga keaslian masakan ini.

Selain itu, mie goreng ini diolah dengan bumbu tradisional khas Batak, yakni andaliman yang dapat membuat sensasi mati rasa pada lidah. Serta menggunakan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang,cabai, lengkuas, serai dan kunyit yang membuat rasanya semakin nikmat.

3. Ikan Panggang Geleng

Ada satu lagi masakan Ikan Panggang Geleng yang asli dari Sibolga yang menggunakan bahan dasar ikan gembung. Meski bernama panggang namun makanan ini tidak dipanggang dan justru digoreng saja. Pada proses pembuatannya ikan harus dikeluarkan daging dan tulangnya, kemudian dicampur dengan kentang yang sudah digoreng dan dihaluskan bersama daging ikan, sebelum dimasukan kembali ke tubuh ikan serta digoreng kembali.

Rasa ikan panggang geleng ini sangat lezat dengan perpaduan kentang dan daging ikan yang dicampur. Serta teksturnya yang garing dan isiannya yang lembut membuat makanan ini begitu nikmat.

4. Nasi Tue

Kemudian terdapat Nasi Tue yang merupakan sajian khas Sibolga dan Tapanuli Tengah yang terbuat dari ketan. Hidangan ini sebenarnya merupakan sajian makanan penutup dengan rasa yang manis, di mana paduan dari ketan yang legit dan siraman kuah manis, apalagi jika dicampur dengan buah durian.
Ikan Panggang Geleng
Selain itu hidangan satu ini juga sangat khas dihidangkan ketika adanya perayaan atau kegiatan hajatan. Tak ketinggalan sajian ini juga dihadirkan saat acara lamaran ataupun pernikahan yang mengusung adat Tapanuli.

5. Gulai Ikan

Terakhir terdapat Gulai Ikan yang khas dari Sibolga yang menggunakan bahan dasar ikan tongkol dan jenis ikan lainnya. Proses pembuatan olahan ikan ini hampir sama dengan berbagai gulai yang ada di daerah lain, di mana menggunakan bahan jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, serai dan santan. Sedangkan bumbunya juga sangat meresap dalam daging ikan yang lunak, sehingga membuat rasanya semakin enak. Serta kuah gulai yang kental juga membuat rasanya semakin lezat.

Nah, sudah tahu kan kelima makanan khas Sibolga yang harus kalian coba ketika singgah ke Sumatera Utara. Buat kalian yang wisata kuliner harus cobain kelima makanan di atas!

Tidak ada komentar: