Minggu, 19 Juli 2020

5 Kuliner Kepiting Terpopuler Di Dunia Sekali Coba Pengen Lagi

Hayo, siapa di sini yang bucin sama kepiting? Mungkin, hampir semua orang menyukai hewan bercangkang dan bercapit ini. Diolah dengan cara apa pun, kepiting tetap terasa lezat, ya? Tahukah kamu, seperti apa olahan kepiting dari seluruh dunia? Lalu, seperti apa rasanya? Baca lebih lanjut dan siap-siap ngiler, ya!

1. Kepiting masala

Sebelum menimbulkan kesalahan persepsi, masala di sini adalah bubuk rempah yang digunakan untuk penambah aroma. Masala umum dipakai di India, Bangladesh, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, dan Nepal. Kepiting masala memiliki campuran rempah-rempah yang aromatik dan harum. Bumbunya bercita rasa pedas dan berpadu dengan daging kepiting yang manis. Can you imagine the taste?

Bahan yang digunakan adalah kepiting, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak sayur, dan santan. Rempah-rempah yang dibutuhkan adalah biji ketumbar, jintan hitam, lada hitam, jahe, biji adas, kunyit, dan daun ketumbar. Jika sudah matang, kepiting masala bisa dimakan dengan nasi atau roti pipih.

2. Ginataang alimasag

Selanjutnya, ada ginataang alimasag, sup sayur asal Filipina yang terbuat dari seafood (udang, kepiting, atau ikan) dan dimasak dengan santan, rempah-rempah, kacang panjang, serta saus ikan.
Ginataang alimasag
Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting lumpur atau kepiting mangrove dan rajungan. Rasa ginataang alimasag cenderung umami 'gurih' dan sedikit manis. Ketika sudah matang, kita bisa memakannya dengan nasi panas.

3. Bisque

Selanjutnya, ada bisque, sup lembut asal Prancis. Kaldunya terbuat dari cangkang lobster atau kepiting yang dididihkan lalu diekstraksi agar semakin gurih. Lantas, apa saja bahan yang dibutuhkan?

Untuk sup, diperlukan bawang merah, bawang putih, adas, wortel, daun salam, pure tomat, minyak zaitun, garam, lada hitam, perasan lemon, dan daging kepiting. Tambahkan 1 liter kaldu yang dibuat dari cangkang kepiting atau lobster. Lalu, siapkan daging kepiting putih, krim, dan adas sebagai hiasan, ujar laman Great British Chefs.

4. Bún riêu cua

Saat berkunjung ke Vietnam, jangan lupa untuk mencicipi bún riêu cua. Ini adalah sup mi beras yang dibumbui dengan tomat, terasi, saus ikan, serta kaldu daging, terang laman Hungry Huy. Untuk lauknya ada daging babi, udang, kepiting, dan tahu. Tak lupa, ditambahkan sayuran hijau, kecambah, dan daun bawang. Bahkan, kadang ditambahkan pula darah babi yang dikukus! Jenis kepiting yang digunakan untuk membuat bún riêu cua adalah kepiting air tawar.

5. Kepiting cabai

Tahukah kamu kalau kepiting cabai (chilli crab) adalah hidangan nasional Singapura? Konon, resep autentiknya dibuat oleh Cher Yam Tian pada 1956. Lalu, anaknya, Roland Lim, memopulerkan masakan ini dan menyajikannya di restorannya yang bernama Roland Restaurant.

Bahan untuk membuat kepiting cabai adalah kepiting matang, minyak, bawang putih, jahe, cabai merah, saus tomat, kecap asin, daun ketumbar, dan daun bawang, jelas laman BBC Good Food. Kepiting harus dipotong-potong agar bumbu meresap ke dagingnya. Nah, itulah lima masakan berbahan kepiting dari seluruh dunia. Mana yang paling menggiurkan?

Tidak ada komentar: