Tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen air dari berat tubuh. Karenanya, air punya peran yang vital. Kekurangan air bisa mengakibatkan dehidrasi. Jika terjadi terus-menerus, bisa terjadi kerusakan ginjal dan jantung. Kamu tak mau itu sampai terjadi, kan? Umumnya, manusia butuh setidaknya delapan gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, baiknya tidak hanya asal minum. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Apa saja? Simak selengkapnya, ya!
5 Cara Tepat Minum Air Putih Jangan Asal Minum
1. Ketahui kebutuhan air untuk tubuhmu

Mulai sekarang, kenali, deh, kebutuhan cairan bagi tubuhmu. Ini penting untuk menghindari kekurangan dan kelebihan air dalam tubuh. Kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda, disesuaikan dengan aktivitas dan berat tubuh. Cara menghitungnya mudah, cukup kalikan berat badan dengan 30 ml. Misalnya, berat badan 40 kg dikali 30 ml, maka jumlah air yang dibutuhkan adalah 1.200 ml atau 1,2 liter per hari. Sementara itu, pada ibu hamil ditambah 300 ml per hari dan 500-600 ml per hari pada ibu menyusui.

2. Minum saat bangun dan sebelum tidur

Dilansir dari berbagai sumber, minum sebelum tidur sangat dianjurkan untuk menjaga hidrasi tubuh saat kamu terlelap. Dehidrasi saat tidur dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular, yaitu penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Minum sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga tidur jadi lebih nyenyak dan kamu bisa bangun dalam keadaan segar. Namun, agar tidak terbangun tengah malam karena harus buang air kecil, beri jarak 1-2 jam dari waktu minum ke waktu tidur.

Minum setelah bangun tidur juga tak kalah penting karena dapat membantu menangkal racun dan radikal bebas yang terakumulasi saat tidur semalaman. Anjuran lainnya adalah jangan makan selama 30-40 menit setelah minum. Gunanya adalah untuk memberi ruang pada tubuh dalam menyerap oksigen di pagi hari.

3. Aturan minum saat olahraga

Saat olahraga, tubuh membutuhkan asupan mineral yang banyak. Namun, jangan sampai kebanyakan juga! Pasalnya, kondisi ini bisa berakibat pada menurunnya konsentrasi sodium dalam tubuh, sehingga keseimbangan elektrolit akan terganggu. Akibatnya, tubuh jadi mudah capek.

Minum saat olahraga disarankan hanya untuk membasahi bibir dan kerongkongan saja, jangan sampai bikin kenyang. Selain itu, beri jangka waktu beberapa menit untuk minum setelah olahraga selesai agar menghindari kram perut.

Seperti dikutip dari laman WebMD, ada rumus minum air putih saat kamu sedang olahraga dari ahli gizi Renee Melton, MS, RD, LD, yakni:
  • 400-600 ml (setara dengan 2-3 gelas air) dua jam sebelum olahraga.
  • 200-300 ml (setara dengan segelas air) 1-2 jam sebelum olahraga.
  • 200 ml (setara dengan segelas air) selama olahraga setiap 15 menit.
4. Perbanyak minum saat sakit

Saat kamu sedang sakit, tubuh rentan mengalami dehidrasi. Untuk menghindarinya, minumlah banyak air putih. Kalau sedang tak enak badan, biasanya rasa makanan jadi kurang sedap dan jika minum akan bikin mual. Sebagai antisipasi, minumlah sedikit-sedikit, misalnya setengah atau seperempat gelas sekali minum, tetapi dengan intensitas yang lebih sering. Memenuhi kebutuhan cairan saat sakit dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh, yang mana ini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Perbanyak minum saat tubuh terasa lelah

Kelelahan adalah salah satu ciri dari dehidrasi. Itu tandanya, darah dalam tubuh mengental, sehingga pendistribusian oksigen terhambat. Minum saat kamu merasa lelah akan membantu tubuh kembali segar dan bugar.

Untuk kamu yang sering mengantuk saat kerja, kuliah, atau sekolah, coba, deh, minum lebih banyak air putih untuk mengatasinya. Ternyata, hal sesimpel minum air putih saja sebaiknya jangan dilakukan asal-asalan. Ikuti aturan-aturan di atas supaya hasil yang dirasakan tubuh dapat optimal.

Hayo, kamu sudah minum berapa gelas air putih hari ini? Ingat, kalau sampai tubuh kekurangan cairan, dampaknya bagi kesehatan bisa fatal, lho!