Gak hanya wanita, para pria juga pasti ingin tampil modis dalam berbagai kesempatan. Agar terlihat modis dan stylish, gak jarang para pria dituntut untuk memiliki item fashion tertentu. Dibandingkan dengan fashion wanita yang begitu kompleks, para pria dikenal dengan penampilan mereka yang lebih simpel dan timeless. Nah, berikut ada 10 item fashion pria yang timeless abis dan wajib banget kamu miliki. Kira-kira ada apa saja?

1. Kaus oblong

Siapa sih, yang gak suka pakai kaus? Fashion item satu ini memang gak ada matinya, deh. Namun, tahukah kamu kalau kaus oblong dulunya hanya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20? Saat itu kaus kerap dipakai tentara ketika latihan militer.

Pakaian satu ini menjadi semakin populer sejak seorang aktor bernama Marlon Brando, mengenakan kaus oblong saat memerankan tokoh Stanley Kowalsky dalam pentas teater di Broadway, Amerika Serikat pada tahun 1947.

2. Polo shirt

Pakaian satu ini sering disamakan dengan kaus oblong. Tapi sebenarnya, polo shirt memiliki ciri khas sendiri yakni adanya kerah dan dilengkapi dengan 2 sampai 3 kancing. Pada tahun 1920-an, polo shirt dikenal sebagai salah satu jenis pakaian olahraga yang trendi dan nyaman dipakai. Namun, seiring perkembangan zaman, polo shirt gak hanya digunakan sebagai pakaian olahraga saja. Tetapi juga pakaian sehari-hari yang nyaman dan fashionable.

3. Kemeja

Kemeja selalu identik dengan pakaian formal. Hal tersebut disebabkan karena kemeja sering digunakan sebagai pakaian seragam ketika bekerja di kantor. Selain itu, kemeja juga dijadikan sebagai dalaman ketika memakai tuksedo. Menurut sejarah, pakaian satu ini sudah ada sejak zaman mesir kuno yang kemudian menjadi populer di daratan Eropa. Di Eropa, kemeja dikenal dengan sebutan 'Camisa' dan hanya dikenakan oleh pria.

4. Tuksedo

Pakaian yang sering dipakai pria untuk menghadiri acara resmi ataupun suatu undangan tertentu ini dibuat pertama kali di Inggris. Pada saat itu, setelan jas ini dibuat khusus untuk Pangeran Inggris, Edward VII yang digunakan untuk menghadiri acara makan malam.

Desain pertama tuksedo dibuat pada tahun 1860 oleh Henry Poole & Co. Walaupun sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, tapi pakaian satu ini masih sering digunakan hingga sekarang. Wah, timeless abis ya!

5. Sweater

Pakaian kasual dan simpel satu ini memang bisa dipadukan dengan bawahan apa saja. Berbeda dengan sekarang di mana bahan yang digunakan berasal dari kain fleece, pada zaman dulu sweater merupakan hasil rajutan.

Meskipun rajutan tangan dari wol telah dipraktekkan selama sekitar 2.000 tahun, baru pada abad ke-15 sweater atau tunik rajutan diproduksi di Inggris. Pakaian rajutan dibuat oleh istri-istri nelayan dan pelaut dari wol alami, yang digunakan untuk melindungi diri dari hawa dingin.

6. Boomber jacket

Item fashion yang timeless satu ini merupakan jenis pakaian yang berasal dari seragam militer. Sebelum menjadi popular seperti sekarang, jaket bomber awalnya diperuntukkan bagi pilot militer pada Perang Dunia I. Jaket bomber dirancang dan diproduksi dari kulit domba oleh Leslie Irvin. Selain digunakan sebagai fashion, jaket bomber juga bisa dipakai untuk menghangatkan tubuh ketika mengendarai motor.

7. Denim jacket

Pakaian yang gak pernah ada matinya ini merupakan salah satu fashion item favorit para pria. Denim jacket pertama kali dibuat di Amerika Serikat sekitar tahun 1880 oleh Levi Strauss. Pembuatan denim jacket dilakukan setelah Levi menemukan jeans sebagai bahan pakaian pekerja bagi para penambang, pekerja kereta api, hingga para koboi.
10 Macam Fashion Pria Yang Tak Pernah Pudar Oleh Waktu
Sejak diperkenalkan pertama kali oleh Levis Strauss & Co. pada tahun 1962, denim jacket semakin populer. Hingga sekarang, denim jacket telah menjadi pakaian kasual yang populer dikalangan pria dan wanita.

8. Celana chino

Selain baju, ada juga nih, celana yang timeless abis. Kamu pasti gak asing lagi sama celana chino. Yups, nama chino sendiri dipercaya berasal dari bahasa Spanyol. Istilah “chino” sendiri diasosiasikan dengan asal bahan celana yang pada masa itu diimpor dari Tiongkok atau Cina. Ciri khas dari celana chino ini sendiri adalah memiliki warna cokelat muda seperti debu. Fyi, celana chino awalnya digunakan sebagai seragam militer Inggris, lho!

9. Sneakers

Sneakers merupakan pilihan sepatu yang paling tepat ketika ingin tampil kasual dan sporty. Nyatanya, sepatu sneakers sudah ada sejak akhir abad ke-18. Sekitar tahun 1892, U.S Rubber Company memperkenalkan sepatu karet yang nyaman dengan bahan kanvas dan disebut keds.

Pada masa itu, keds dijuluki sneakers karena jika dipakai berjalan tidak bising. Sebelumnya, sepatu-sepatu yang pernah diproduksi pada masa itu memiliki berat lumayan dan jika dipakai menghasilkan bunyi gesekan. Hingga sekarang, sneakers masih setia digunakan oleh para pria dari berbagai kalangan dan umur.

10. Topi Fedora

Salah satu item fashion pria satu ini sering digunakan sebagai pelengkap penampilan. Sekitar tahun 1880-an, Fedora menjadi tren di Amerika dan Eropa. Topi jenis ini semakin populer dengan munculnya teater di kota-kota Ameria dan Eropa. Saat ini, Fedora menjadi salah satu topi penutup kepala favorit para pria.

Itulah tadi 10 item fashion pria yang timeless abis. Kira-kira kamu sudah koleksi item fashion yang mana aja nih?